JCAdventist.org, Jakarta | Jemaat ke-187 Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya telah diorganisir melalui acara Pengorganisasian GMAHK Jemaat Regeneration Community Church (RCC), Sabtu, 30 September 2023 di Sona Topas Tower Lt. B 1. Jl. Jend. Sudirman Kav. 26, Jend. Sudirman, Jakarta Selatan.

Acara ini dihadiri oleh Pimpinan, Departemen dan Staff GMAHK Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya, anggota Excom Wilayah 10 Bpk. Fernando Hutahaean, Pendeta dan 40 Anggota Jemaat RCC yang hadir 35 secara onsite dan 5 anggota yang mengikuti secara online.

Dalam menyampaikan sejarah berdirinya RCC, Bp. Christopher Aritonang mengapresiasi kehadiran Pimpinan, Departemen dan Staff Jakarta Conference yang sudah hadir dan datang untuk meresmikan berdirinya gereja ini.  “Gereja RCC juga berencana untuk membuka Regeneretaion International Community Church di daerah Kemang.  Mari kita doakan agar ini dapat segera terwujud sehingga pekerjaan Tuhan akan terus berkembang.” jelasnya.

Adapun rangkaian acara ini dipimpin oleh Pimpinan GMAHK Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya. Acara dibuka dengan ucapan selamat datang oleh Pdt. Dr. Happy Butarbutar selaku Direktur SS/PP/Pelmas & ASI, dilanjutkan dengan pengesahan dan doa untuk anggota Jemaat oleh Pdt. Ronny Wenas selaku Sekretaris Eksekutif, demikian juga pembentukan panitia pemilih Pdt. Palmen Sinaga, direktur Rumah Tangga, dan dilanjutkan dengan doa untuk anggota panita pemilih Pdt. Daniel Tadja, direktur Pemuda Advent dan Musik.  Pemilihan Pegawai Jemaat dipimpin oleh Pdt. Maijon Sigalingging, Sekretaris Assosiasi Kependetaan.  Pengurapan Ketua, Diakon dan Diakones Pdt. Tjandra Paulus.  Juga acara khusus yaitu penyerahan alat penuntun jemaat oleh Ibu. Risroni Sagala, Pempimpin BWA dan Koordinator Asosiasi Ministerial Spouses, Ibu Esther Ratu, Pemimpin Pelayanan Anak-anak dan Ibu Fanny Sihole, Direktur Pendidikan.  Yang tidak kalah penting adalah anjuran jemaat agar diterima di Konferensi Konferens berikut disampaikan oleh Sekretaris Jemaat Bp. Terry Polii.

Pada bagian kedua dari acara pengorganisiran ini Pdt. Guthe Mahaedhie menjadi pemimpin acara sekaligus doa pembuka, yang dilanjutkan dengan Choir dari RCC yang menyanyikan lagu “God and God Alone”.

Firman Tuhan dalam pengorganisasian ini disampaikan oleh Pdt. Dr. Poltak Sihombing, Ketua Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya.  Ketua Konferens sangat mengapresiasi Gembala Jemaat Pdtm. Hesky Wauran dan panitia pengorganisiran jemaat RCC yang ke-187 di Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya.

Mengutip doa bangsa Israel dalam pembuangan melalui Yeremia Pdt. Poltak Sihombing mengaplikasikan kata ‘buang’ dengan kata ‘utus’ dalam Yeremia 29:7 “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku utus (buang), berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.” Lakukan terus pelatihan, penginjilan dan pengorbanan secara berkesinambungan.  Yang terutama dalam kehidupan berjemaat adalah jumlah anggota yang aktif dalam penginjilan dan jumlah orang yang telah dilatih untuk itu.  Bukalah Center of Influence (COI) yang dapat menjangkau banyak orang sebagaimana anjuran dari tulisan roh nubuat untuk menjangkau orang di Kota-Kota dengan mendirikan dan membuat rencana kecil yang menjadi pusat pengaruh (Center of Influence).  Ladang yang harus dikerjakan lebih serius adalah penginjilan di kota besar seperti kota Jakarta ini.  Di mall-mall harus dijangkau oleh umat Tuhan, di kantor-kantor dan diberbagai pelosok kota (Matius 9:35; Lukas 4:43; Markus 1:38; Kisah 18:10).

Sebagai respon jemaat atas firman Tuhan dan tantangan dibawakan oleh Ketua Jemaat Bp. Farland Liogu dan dilanjutkan oleh renungan persembahan khusus oleh Bp. Jerry Umboh, Wakil Bendahara Konferens DKI Jakarta dan dilanjutakan doa persembahan Pdt. Niemand Sinaga, direktur penatalayanan.  Doa tutup dan doa berkat oleh Pdt. Augustus Tony Manurung, Asso. Secretary for Legal di Jakarta Conference (JC).

Pada bagian yang ketiga yang berisi sambutan dan pemotongan tumpeng, adalah Pdt. Ronie Panambunan, Direktur Komunikasi dan kebabasan beragama bertindak sebagai pemimpin acara.  Adapun beberapa sambutan yang telah disampaikan diantaranya Pdt. Sammy Munaiseche mewakili Gembala Wilayah X bapak Budiman Siregar selaku Bendahara mewakili GMAHK Konferens DKI Jakarta & Sekitarnya, bapak Fernando Hutahaean mewakili Wilayah X/Excom, dan mewakili jemaat yang baru diorganisir dibawakan oleh Ferlein Liogu-Rompas, bendahara jemaat RCC, dan bagian ketiga ini yang istimewa adalah pemotongan tumpeng oleh Ketua Konferens dan Direktur SS/PP yang membagikan tumpeng kepada gembala dan ketua jemaat yang mewakili jemaat RCC.  Seluruh rangkaian acara ditutup dengan doa sekaligus doa jamuan kasih oleh Pdt. Laham Nababan, Direktur Adventist Mission dan AMR Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya.

Adapun pelayan jemaat dan majelis jemaat yang telah terbentuk adalah:

  1. Gembala Jemaat:  Pdtm. Hesky Wauran
  2. Ketua Jemaat:  Christoper Aritonang, Ferland Liogu
  3. Sekretaris Jemaat:  Terry Polii
  4. Bendahara Jemaat/ Pemimpin SS:  Ferlein Rompas
  5. Pemimpin Diakon:  Devid Runtuwene
  6. Pemimpin Diakones:  Stephanie Nurani Susanto
  7. Pemimpin PP/Pelmas & AMR:  Jay Manus
  8. Pemimpin Pelayanan Anak-Anak:  Shella Siregar
  9. Pemimpin Musik:  Santina Tambanon
  10. Pemimpin PA:  Henry Siregar
  11. Pemimpin BWA:  Janice Kindangen
  12. Pemimpin NDR:  Amelia Pandoh
  13. Pemimpin Komunikasi & PARL:  David Joshua
  14. Pemimpin Kesehatan:  dr. Lucie Ottemoesoe Manus

Malalui acara ini kiranya jemaat yang baru terbentuk dapat menjalankan misi di kota besar Jakarta ini dan akan terus berkembang, setia dalam penatalayanan, memenangkan banyak jiwa dan tetap setia sampai Yesus datang pada kali yang kedua. Mari kita terus doakan jemaat RCC ini, I Will Go!

 

Khotbah pengorganisiran oleh Pdt. Dr. Poltak Sihombing – Ketua Konferens DKI Jakarta & Sekitarnya

Pemeriksaan calon anggota jemaat RCC

 

Doa penyerahan bagi penatua jemaat RCC yang baru terpilih

Pengurapan Diakones dan Ketua Jemaat RCC yang baru terpilih

 

Pengurapan bagi Ketua Jemaat Sdr. Farland Liogu

 

Pengurapan bagi Ketua Jemaat Sdr. Christopher Aritonang

 

 

Penyerahan Buku Pedoman Jemaat oleh Ibu Risroni Sihombing

Perkenalan anggota inti Jemaat RCC

Suasana Pengorganisiran RCC

  

 

 

Sejarah Berdirinya Regeneration Community Church

Our Story, His Story

Regeneration Community Church (RCC) adalah buah dari pelayanan OYiM GMAHK Uni Indonesia Kawasan Barat dan OYiM Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya. Berawal dari Care Group di salah satu ruangan kerja di Plaza Indonesia pada tahun 2020 dimana dihadiri langsung oleh Pimpinan Departemen Pelayanan Pemuda baik dari Divisi Asia Pasifik Pastor Ron Genebago dan Anthony Stanyer, juga Direktur Pelayanan Pemuda UIKB Pdt. Ronny Wenas dan Direktur Pelayanan Pemuda Konferens DKI Jakarta & Sekitarnya. Care Group ini terus berjalan ditengah terjangan Covid-19 melalui Pertemuan Virtual Zoom.

Ketika Pemerintah melonggarkan dengan memberikan kesempatan untuk bertemu dengan Batasan-batasan tertentu, Care Group OYiM ini kembali menggeliat. Digawangi oleh Pdt. Wilson Aritonang yang tetap berkontribusi secara online (karena sudah melayani di AS), juga Pdtm. Yoanes Sinaga, Pdtm. Davied Zebedeus, Pdtm. Yohanes Paruntu kegiatan ini terus berjalan. Rutin bertemu di salah satu rumah anggota di Ancol yang kemudian bersedia untuk menjadikan tempat mereka untuk tempat berkumpul dan beribadah Sabat dan juga di tempat-tempat yang lain.

Pada tanggal 20 Maret 2021 bertepatan dengan Global Youth Day, Departemen Pelayanan Pemuda UIKB dan Konferens DKI Jakarta mengadakan PA Gabungan se DKI sekalian menjadi momentum untuk meluncurkan Revolution Ministry Indonesia (RMI), cikal bakal Gereja RCC. Sejak saat itu kegiatan terus diaktifkan secara online dan juga onsite sehingga pergerakan ini dikenal dengan Hybrid Church. Pada 30 Oktober 2021 diadakan kegiatan secara Hybrid untuk meresmikan Regeneration Community Church sebagai Perkumpulan Berbakti Regeneration Community Church. Januari 2022 Konferens DKI menempatkan Pdtm. Hesky Wauran untuk menjadi Gembala dan melayani di PB. Regeneration Community Church.

Pelayanan terus dilakukan RCC baik perekrutan melalui OYIM University dan bagi orang-orang muda dan yang berjiwa muda yang terpanggil untuk melayani di RCC. Pada 1 Oktober 2022 adalah Sabat pertama RCC bisa beribadah di Sona Topas. Sebuah perjalanan iman dimana RCC harus berpindah tempat peribadatan. Ditempat inilah, kegiatan pelayanan dan penginjilan semakin di gencarkan. Dua kali kegiatan Penginjilan melalui KKR telah di lakukan dengan menghasilkan 4 jiwa bagi Tuhan. Kel. Aritonang-Siregar, Kel. Liogu-Rompas, Kel. Polii-Kindangen, Kel. Saerang-Wowor, Sdr. Devid Runtuwene, Sdr. Arianto Maliombo, Sdr. Henry Siregar, adalah orang-orang yang berkomitmen untuk tetap melayani di RCC sesuai dengan apa yang harus dilakukan sebuah pergerakan misi dibawah Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

Regeneration Community Church memiliki slogan, “Gathered for Growth, Scattered for Work” yang dicetuskan oleh salah satu contributor RCC, Ivetta Inaray dalam salah satu kesempatan pelayanannya di RCC.

Visi RCC:  Kami hadir sebagai komunitas yang tumbuh dalam kasih dan berkegiatan positif dalam mempraktikan kabar baik di area perkotaan di Indonesia

Misi RCC:  Kepada Jemaat adalah rumah untuk berbagi nilai-nilai kehidupan; Kepada Sesama saling berbagi kebaikan dalam kasih dan semangat saling membantu; Kepada Lingkungan kami berjanji senantiasa untuk menjadi berkat dilingkungan dimana kami berada.

 

 

 

 

 

Leave A Comment