Jakarta, Kamis, 22 Juni 2023,- Dalam rangka menyambut Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Net bln Juli 2023 Konference DKI Jakarta (JC) mengadakan DOA SUBUH tepat pukul 04.45 WIB sampai pukul 05.30 WIB melalui layar zoom pada Kamis (22/6/2023).

Pada DOA SUBUH-diikuti sekitar 185 peserta- kali ini giliran Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Wilayah VII dengan lagu buka dibawakan oleh jemaat GMAHK Jatinegara berjudul “Melayani Dia Dengan Pujian Tinggi ” dan protokol kebaktian Pdt.Andesh Saragih (Gembala Jemaat GMAHK Cililitan).

Kesaksian disampaikan oleh Lasman Simanjuntak, Ketua Jemaat GMAHK Jatinegara yang terlebih dahulu mengucapkan puji syukur kepada Tuhan dimana pada bln Juli 2023 mendatang genap 25 tahun dalam lingkungan gereja advent dan sekitar 20 tahun ikut pelayanan serta penginjilan di GMAHK Wilayah VII.

“Puji Tuhan, selama ini PENGINJILAN telah saya lakukan melalui multimedia sebagai seorang seorang penulis (jurnalis) dan sebagai penyair (sastrawan) ,” katanya mengawali kesaksian dengan terlebih dahulu mengutip Firman Tuhan dalam Mazmur 45:2 “hatiku meluap dengan kata-kata indah, aku hendak menyampaikan SAJAKKU kepada raja, lidahku ialah PENA seorang JURUTULIS yang mahir.”

Dalam PENGINJILAN melalui karya sastra (puisi/sajak) karyanya telah dipublish di 21 media cetak dan 82 media online (website) baik di Indonesia maupun di Malaysia.

“Dalam misi PENGINJILAN selain melalui karya jurnalistik dan karya sastra, saya mencoba menyiarkan tulisan dan berita tentang Yesus Kristus dan Kebenaran-Nya.Bahkan puisi saya berjudul SITUS BABEL dan TANDA BINATANG juga berbicara tentang Doktrin GMAHK ,” ucapnya seraya menambahkan puisinya juga dipublish di Organisasi Islam terbesar di Indonesia seperti NU dan Muhammadiyah.

Ditambahkan oleh Lasman Simanjuntak untuk pekerjaan PENGINJILAN secara langsung (tatap muka) dilakukan dengan ‘membuka kembali’ pasca pandemi covid-19 Kelompok Pendalaman Alkitab (KPA) Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, yang memiliki 8 tamu non advent pada Minggu (18/6/2023).

“Tolong didoakan terutama setelah pemerintah mengumumkan Indonesia dari status pandemi covid-19 menjadi endemi pembukaan kembali KPA Pamulang, Kota Tangerang Selatan dan KPA Imanuel Camp 160 Kp.Melayu, Jakarta Timur agar banyak jiwa-jiwa dimenangkan sambil menanti kedatangan Tuhan yang kedua kali,” ujarnya.

Khusus di KPA Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Pekabaran Kesehatan (melalui pekabaran pola hidup sehat atau new start) disampaikan berulangkali.

“Puji Tuhan, tiga orang anggota non advent KPA Pamulang yang merupakan perokok berat, akhirnya berhasil BERHENTI merokok,” tegasnya.

Sementara itu Pdt.Maijon Sigalingging (Gembala Jemaat GMAHK Rawamangun) dalam membawakan Firman Tuhan berjudul PENGARUH ADALAH SEBUAH KESAKSIAN YANG HIDUP.

Terlebih dahulu dibacakan ayat inti dalam Yunus 1 :8 “Berkatalah mereka kepadanya : beritahukan kepada kami, karena siapa kita ditimpa oleh malapetaka ini.Apa pekerjaanmu dan darimana engkau datang,apa negerimu dan dari bangsa manakah engkau ?”

Kemudian Yunus 1 : 15 ” kemudian mereka mengangkat Yunus, lalu mencampakkannya ke dalam laut, dan laut berhenti mengamuk.”

Dikatakan oleh Pdt.Maijon Sigalingging, Yunus menjadi 1) saksi yang setia, 2)saksi yang benar, dan 3) seorang yang takut akan Tuhan.

“Sekalipun dalam kondisi yang sangat sulit, bahkan nyawanya menjadi taruhannya,” kilahnya.

Dilanjutkan lagi, pengaruh apa yang kita lakukan sebagai pelayan Tuhan dan sebagai umat pilihan Tuhan khususnya ketika kita dalam kondisi.

pertama, sulit, kedua, terjepit, ketiga terancam, keempat tertekan, dan kelima tempat kita melayani tidak sesuai dengan harapan kita.

“Atau nyawa kita sedang terancam karena BERSAKSI bagi Yesus,” selanya.

Pada bagian terakhir Pdt.Maijon Sigalingging mengutip buku roh nubuat (Ellen G White) PELAYAN INJIL hal 91.1 “Jikalau mereka mau menyerahkan diri kepada Allah, maka Ia akan menggunakan mereka dalam menolong melaksanakan rencanaNya demi keselamatan jiwa.Biarlah orang muda yang telah memasuki pekerjaan pelayanan melihat panggilannya dengan jelas pada wajah, dan bertekad untuk mengabdikan waktunya , kekuatannya, pengaruhnya, kepada pekerjaan , menyadari dengan baik akan kondisi di bawah mana ia melayani sang Penebus.”

Setelah host memutar lagu I WILL GO , dilanjutkan dengan doa ACST yang pujian dilayangkan oleh Pdt.Linton Hutagaol, pengakuan oleh Pdtm.Kevin Sinurat, permohonan (1) oleh Pdt.Ronny Umboh, dan permohonan (2) oleh Pdt.Richard Y Hutauruk,serta doa ucapan syukur oleh Pdt.Glen Matindas.

Sebelum kebaktian ditutup, Koordinator Doa Esther Penlaana mengumumkan bahwa DOA SUBUH yang akan menyambut KKR Net JC mulai tanggal 16 Juni 2023- 6 Juli 2023 pukul 04.45 WIB- pukul 05.30 WIB akan diikuti jemaat GMAHK Wilayah I s/d GMAHK Wilayah 20, serta pada hari terakhir 6 Juli 2023 akan dibawakan oleh Sekretaris dan Staf Accounting JC.

Dengan mengutip tulisan Ellen G.White dalam Buku Kemenangan Akhir halaman 557.1 ” Tak seorang pun aman dalam sehari atau sejam tanpa doa.”

“Terima kasih kepada semua partisipan dari GMAHK Wilayah VII dimana pada hari ini, Kamis, 22 Juni 2023 merupakan hari yang ketujuh pelaksanaan DOA SUBUH.Dan, Jumat 23 Juni 2023 besok giliran GMAHK Wilayah VIII,” pungkasnya.(*)

Leave A Comment