JCADVENTIST.ORG, JAKARTA – Pelatihan jurnalistik menulis berita dan artikel yang ketiga untuk para calon wartawan di lingkungan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) berlangsung di Kantor Konferens DKI Jakarta dan Sekitarnya, lantai empat pada, Minggu (5/2/2023) dengan narasumber utama Lasman Simanjuntak, Pemimpin Redaksi Beritarayaonline.co.id.

Sebelum diadakan pelatihan didahului dengan renungan oleh Pdt. Dr. Ronie Panambunan, Direktur Komunikasi Jakarta Local Conference (JC) yang menekankan pentingnya keterlibatan seluruh anggota jemaat untuk digital evangelism (penginjilan digital).

“Berdasarkan Peraturan Jemaat, Ed. 19, hlm. 116. Pelayanan komunikasi memerlukan dukungan setiap anggota awam, pekerja Gereja, dan lembaga Gereja. Departemen komunikasi mempromosikan penggunaan program hubungan masyarakat yang baik dan semua teknik komunikasi modern, teknologi yang sesuai, dan media komunikasi dalam penyampaian Injil yang kekal,” ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, dalam Yohanes 14:9, 1 Korintus 14:9b, dan dalam Matius 7:28,29 yang isinya berpesan untuk menjadi komunikator gereja seperti teladan Yesus Kristus.

“Banyak cara akan digunakan untuk menjangkau hati. Beberapa dari metode yang digunakan dalam pekerjaan ini berbeda dari metode yang digunakan di waktu lampau….” ucapnya seraya mengutip buku roh nubuat dari Ellen G. White, Evangelism, hlm. 105.

Sementara itu didepan puluhan peserta yang terdiri dari pendeta dan pemimpin komunikasi gereja serta ketua membidangi komunikasi, Lasman Simanjuntak memaparkan cara menulis berita yang baik dan benar berdasarkan rumusan 5W + 1 H +1S berdasarkan piramida terbalik.

Leave A Comment