Pada tanggal 15-17 April 2022 PA Dewasa GMAHK Getsemani Lippo Cikarang (GLC) mengadakan retreat di Anyer, tepatnya di Villa “Keajaiban Selalu Ada!” di Villa Ubud Cluster Harmoni. Sesuai dengan program kerja PA jemaat, maka berkumpulah beberapa anak muda untuk membicarakan rencana program retreat pemuda dewasa. Mulai dari membahas tujuan acara, tema hingga isi acara yang akhirnya dapat terlaksana dengan baik.

Semua perbincangan yang awalnya hanya sekedar pendapat dalam memilih tempat, kini menjadi serius akan di laksanakan. Diawali dengan iman yang kuat, akhirnya mulailah bagi pada pemuda mendiskusikan kegiatan dan juga isi acara serta tujuan dari acara tersebut. Tentunya setelah semakin matang, dengan adanya dukungan dari Pendeta dan juga seluruh anggota jemaat, akhirnya acara tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Tema yang terpilih untuk acara ini adalah “Recharge In God” di mana tentunya memiliki tujuan kepada setiap masing-masing individu yang mengikutinya dapat kembali meningkatkan iman kerohanian. Seperti baterai yang ketika dayanya hampir habis maka harus di isi kembali, demikian juga pribadi masing-masing kita yang di harapkan dengan mengikuti acara retreat pemuda ini dapat terisi kembali.

Dari keseluruhan anggota PA yang berjumlah lebih dari 60 orang, acara retreat ini diikuti oleh 40 orang pemuda dengan batasan yang sudah berkuliah atau juga yang sudah bekerja. Sedangkan yang lain tidak bisa mengikuti oleh karena ada kegiatan pribadi ataupun halangan yang lain.

Acara yang dilaksanakan sangat menarik. Saat hari pertama tiba di lokasi, yaitu Jumat 15 April 2022, kebahagiaan dimulai dengan suguhan makan durian khas Anyer dan menikmati pemandangan pantai yang indah. Setelah puas bermain pasir dan berenang kemudian dilanjutkan dengan doa buka sabat di pantai. Sepulang dari pantai pemuda GMAHK Getsemani Lippo Cikarang menuju Villa “Keajaiban Selalu Ada!” untuk melaksanakan kebaktian Vesper yang dibawakan oleh ibu Pdt Natalina Setiyono, yang mengajak kita untuk membuang segala hal yang tidak baik dari diri kita dan segala kepahitan hati dengan cara menulis di dalam kertas dan setelah berdoa bersama, kemudian kertas yang sudah terkumpul tersebut dibakar dengan arti bagi masing–masing individu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kemudian acara dilanjutkan dengan Perjamuan Kudus yang dilayani oleh gembala jemaat, Pdt Agus Setiyono. Ini menjadi satu momen indah oleh karena pengaruh dari penyampaian Firman Tuhan dan suasana malam di Villa yang sangat tenang dan nyaman sehingga membuat para peserta retreat sampai menangis terharu dan bahagia atas kasih dan penebusan Tuhan Yesus.

Pada hari kedua dimulai pukul 05.00 untuk renungan pagi yang kemudian di lanjutkan dengan kebaktian sekolah sabat hingga khotbah. UKSS berbagi tempat dan berdiskusi dengan baik. Kemudian kembali khotbah dibawakan oleh Pdt Agus Setiyono dengan judul:  “Recharge In God’s Presence”.  Pada siang hari setelah makan siang, semua peserta tetap antusias mengikuti seminar dari Pdt Setiyono yang membekali dan memotivasi orang-orang muda untuk lebih siap dipakai Tuhan menjadi berkat bagi sesama. Menuju penutupan sabat, para pemuda kembali ke pantai untuk mengikuti games yang mengingatkan kembali mengenai tokoh dan kisah yang terdapat dalam alkitab sampai dengan kebaktian tutup sabat dilaksanakan di tepi pantai sembari menikmati indahnya matahari terbenam.

Pada malam hari setelah acara tutup sabat, para peserta retreat bersama keluarga Pendeta mengadakan acara makan bersama, membakar ikan, jagung, dan lain–lain yang tentunya menjalin keakraban satu dengan yang lainnya. Semua menikmati kebahagiaan bernyayi dan bermain bersama di malam minggu.
Tibalah di hari terakhir, di hari Minggu, acara terfokus pada games yang diadakan di pantai sambil menikmati alam ciptaan Tuhan. Dan tentunya tidak ketinggalan kelapa muda yang segar yang dinikmati di setiap acara di pantai.

Semua peserta retreat Pemuda Advent Dewasa merasa sangat diberkati dengan semua acara yang penuh kebersamaan, dan tentunya sangat diberkati dengan pelajaran-pelajaran yang dibawakan oleh Bapak Pdt Agus Setiyono dan Ibu Pdt Natalina Setiyono.  Manfaat yang dapat diambil dari mengikuti acara ini adalah waktunya bagi para orang muda untuk meningkatkan iman dan merefresh kembali pribadi masing–masing menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan mempersiapkan diri untuk terlibat dalam setiap pelayanan Tuhan di jemaat. Dengan adanya kegiatan ini juga tentunya menambah ikatan persaudaraan antar pemuda sesama anggota jemaat sebagai satu keluarga.

Leave A Comment